top of page
Group 45.png
campaign-newspaper.png

BLOG

  • Gambar penulisAdmin

Memahami Alat Pembayaran Digital untuk Transaksi yang Efisien dan Aman

alat pembayaran digital

Memahami alat pembayaran digital adalah hal yang sangat penting, terutama di masa kini, dimana hampir semua hal telah terdigitalisasi. Sistem pembayaran digital dapat membuat transaksi yang dilakukan lebih efisien dan aman. Selain itu, terdapat banyak pilihan alat pembayaran sehingga para pengguna dapat memilih yang paling sesuai dan nyaman digunakan. Di antara banyaknya pilihan tersebut, lantas apa saja jenis pembayaran digital di Indonesia?


Sebelum membahas jenis pembayaran digital, kami akan terlebih dahulu menjelaskan apa yang dimaksud dengan sistem pembayaran digital. Kemudian Anda juga akan mengetahui manfaat pembayaran digital serta kelebihan alat pembayaran digital dibandingkan konvensional. Oleh karena itu, simak artikel ini hingga tuntas untuk memahaminya.


Apa yang dimaksud dengan sistem pembayaran digital?

Sistem pembayaran digital merupakan metode pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan uang elektronik atau tanpa uang fisik. Proses transaksi dengan sistem pembayaran digital biasanya menggunakan transfer bank, dompet elektronik hingga scan kode QR. 


Saat ini, sistem pembayaran digital telah sangat populer dan banyak digemari oleh masyarakat luas. Kemudahan dalam bertransaksi menjadi alasan bagus mengapa orang-orang menyukai metode pembayaran yang satu ini. Dengan Sistem pembayaran digital, bahkan transaksi dapat dilakukan dari jarak yang jauh sekalipun.


Jenis Pembayaran digital yang dapat digunakan

Sejak pandemi covid-19 yang melanda dunia, pemerintah Indonesia membuat beberapa kebijakan baru salah satunya adalah mengurangi kontak fisik. Efek dari kebijakan tersebut rupanya membuat merebaknya jenis pembayaran digital agar transaksi tetap dapat dilakukan tanpa kontak fisik secara langsung. 


Adapun beberapa jenis pembayaran digital yang dapat digunakan di Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Kartu Perbankan

Jenis pembayaran yang satu ini sebenarnya sudah ada sejak sebelum pandemi. Namun, meski telah lama digunakan, metode pembayaran menggunakan kartu perbankan masih populer digunakan hingga saat ini. Kartu perbankan yang sering digunakan untuk menggantikan transaksi tunai adalah kartu debit dan kredit.


2. Online Banking (Internet Banking dan Mobile Banking)

Sama seperti kartu perbankan, metode pembayaran digital menggunakan online banking juga telah lama digunakan. Online banking terbagi ke dalam dua jenis pembayaran yaitu internet banking dan mobile banking.


Internet banking merupakan fasilitas yang disediakan oleh pihak bank yang memungkinkan para nasabah dapat melakukan transaksi menggunakan jaringan internet melalui situs web bank. Transaksi ini dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun asal perangkat nasabah terhubung dengan internet.


Sedangkan mobile banking atau biasa disebut m-banking merupakan fasilitas berupa aplikasi dengan berbagai fitur menarik yang dapat digunakan oleh para nasabah. Lewat aplikasi m-banking, para nasabah dapat melakukan berbagai macam transaksi seperti transfer dana, pembayaran tagihan, top up, dan lain sebagainya.


3. E-Wallet

E-wallet atau dompet digital adalah jenis pembayaran digital selanjutnya. Memiliki fungsi yang mirip dengan dompet fisik, e-wallet juga merupakan tempat menyimpan uang dalam bentuk digital yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan, belanja, dan sebagainya. E-wallet yang umum digunakan masyarakat Indonesia diantaranya adalah DANA, GoPay, OVO, dan lain-lain.


4. Virtual Account (VA)

Sebagian dari Anda mungkin tidak asing dengan istilah virtual account. Virtual account biasanya berbentuk kode unik yang dibuat khusus untuk melakukan pembayaran digital. Dengan memasukkan kode unit virtual account, pembeli akan langsung mendapatkan rincian informasi pembayaran yang harus dibayarkan. 


5. QRIS

Salah satu metode pembayaran digital yang saat ini sangat terkenal adalah QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Cukup dengan memindai kode QR lewat aplikasi pembayaran digital, transaksi pun telah selesai dilakukan.


Manfaat Pembayaran digital 

Sistem atau metode pembayaran digital memiliki banyak manfaat, terutama bagi bisnis. Selain memberikan kemudahan dalam bertransaksi, pembayaran digital juga dapat membantu Anda dalam penyimpanan dan pengelolaan uang. Transaksi yang dilakukan secara digital akan tercatat secara otomatis sehingga Anda dapat mengurangi kesalahan perhitungan ataupun dalam penulisan angka. 


Jejak transaksi yang tercatat otomatis ini memberikan sifat transparan pada metode pembayaran digital. Di samping itu, pembayaran digital juga dapat menghemat waktu karena prosesnya yang cepat, serta dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.


Kelebihan alat pembayaran digital dibandingkan konvensional

Maraknya penggunaan alat pembayaran digital tentu didasari banyak alasan, seperti kelebihan yang ditawarkannya. Tak mungkin banyak orang beralih ke alat pembayaran digital jika tidak ada kelebihan-kelebihan yang menguntungkan. Berikut adalah beberapa kelebihan alat pembayaran digital dibandingkan konvensional.


1. Praktis

Karena sifatnya yang fleksibel, dimana transaksi dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, membuat alat pembayaran digital menjadi pilihan bagus bagi orang-orang yang tidak mau ribet. Bahkan dari rumah sekalipun, Anda dapat bertransaksi dengan alat pembayaran digital.


2. Banyak Promo

Demi mendorong penggunaan alat pembayaran digital, banyak merchant yang bekerja sama dengan berbagai penyedia uang elektronik. Sehingga saat berbelanja, biasanya akan ada penawaran atau promo jika Anda bertransaksi menggunakan alat pembayaran digital tertentu.


3. Mengurangi Risiko Pencurian

Anda tidak perlu membawa banyak uang tunai saat bertransaksi dengan alat pembayaran digital. Hal ini dapat mengurangi risiko pencurian karena uang elektronik biasanya membutuhkan pin yang hanya diketahui oleh Anda. Selain itu, keamanan uang elektronik juga telah dijamin oleh lembaga keuangan negara.


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sistem pembayaran digital memberikan banyak manfaat, terutama untuk bisnis. Dengan volume transaksi yang tinggi pelaku bisnis tetap harus mengelola keuangan dengan baik meskipun jejak transaksi digital akan tercatat secara otomatis. Oleh karena itu, Cring! menyediakan sistem pembayaran digital terpercaya yang akan dibutuhkan oleh bisnis Anda


0 komentar

Comments


bottom of page