top of page
Group 45.png
campaign-newspaper.png

BLOG

  • Gambar penulisAdmin

10 Sistem Pembayaran Digital dan Perkembangannya di Indonesia


perkembangan sistem pembayaran digital indonesia

Dewasa ini, sistem pembayaran digital telah sangat populer digunakan di Indonesia. Terdapat lebih dari satu jenis pembayaran digital yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang akan memudahkan proses transaksi. Untuk dapat menggunakannya, tentu Anda harus mengetahui apa saja sistem pembayaran digital?


Sebelum membahas lebih jauh tentang sistem pembayaran digital, artikel ini akan terlebih dahulu menjelaskan apa itu sistem pembayaran. Mengutip dari situs web Bank Indonesia, sistem pembayaran merupakan sistem yang meliputi seperangkat aturan, lembaga, dan mekanisme yang digunakan untuk melakukan transfer atau pemindahan dana dengan tujuan untuk memenuhi suatu kewajiban yang muncul dari suatu kegiatan ekonomi. Sedangkan sistem pembayaran digital merupakan sebuah metode yang memungkinkan seseorang dapat bertransaksi atau melakukan pembayaran menggunakan teknologi tertentu tanpa uang tunai atau cashless.



Proses Perubahan Sistem Pembayaran

Layaknya zaman yang terus berkembang dan mengalami perubahan, sistem pembayaran pun mengalami hal serupa. Transaksi yang dulu hanya dilakukan dengan cara barter, kini mengalami evolusi hingga ke tingkat paling canggih. 


Evolusi sistem pembayaran yang terjadi dipengaruhi oleh tiga faktor diantaranya ialah inovasi teknologi dan model bisnis, tradisi masyarakat, dan kebijakan otoritas. Ketiga faktor ini membuat sistem pembayaran terus mengalami perubahan. Misalnya pada saat masa sistem pembayaran barter, ketika benda yang akan ditukar memiliki nilai yang tidak setara, maka manusia menciptakan inovasi berupa uang komoditas.


Inovasi tersebut terus berkembang seiring kemajuan zaman. Setelah uang komoditas, muncul uang kerang, uang logam, uang kertas, ATM, online banking, hingga contactless card. Proses perubahan sistem pembayaran tak hanya berlaku pada alat pembayaran konvensional, hal ini juga mempengaruhi perkembangan sistem pembayaran digital di Indonesia.


Perkembangan Sistem Pembayaran Digital di Indonesia

Perkembangan sistem pembayaran digital di Indonesia tak lepas dari kebutuhan masyarakat yang ingin serba cepat. Setelah uang kertas aktif digunakan, muncul sistem pembayaran transfer dana elektronik, kemudian kartu kredit, hingga ATM. Sistem pembayaran tersebut ternyata digemari oleh banyak orang, sehingga bank-bank menciptakan produk serupa untuk memenuhi kebutuhan nasabah agar dapat melakukan transaksi ekonomi digital.


Tidak berhenti disitu, kehadiran transfer dana elektronik, kartu kredit, dan ATM rupanya menginisiasi sistem pembayaran payment card. Setelah itu, muncul inovasi-inovasi sistem pembayaran lainnya seperti EFTPOS, Online Banking (Internet Banking dan Mobile Banking) Contactless Card, sampai Bitcoin. Bitcoin sendiri merupakan mata uang kripto atau cryptocurrency yang diprediksi akan menjadi mata uang digital di masa depan.



Jenis-jenis Pembayaran Digital di Indonesia

Saat ini terdapat berbagai jenis pembayaran digital yang dapat digunakan di Indonesia. Jenis-jenis pembayaran yang berlaku diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kartu Debit

Kartu debit termasuk jenis pembayaran yang sangat umum digunakan di Indonesia. Anda dapat melakukan tarik tunai atau pembayaran langsung menggunakan kartu di berbagai merchant. Perlu diketahui kartu debit terhubung langsung ke rekening tabungan, sehingga saldo di rekening tabungan akan terpengaruh saat Anda bertransaksi menggunakan kartu ini.

2. Kartu Kredit

Kartu kredit bersifat pascabayar, dimana Anda dapat bertransaksi terlebih dahulu menggunakan kartu ini, kemudian tagihan dapat dibayarkan di akhir bulan nanti. Namun, nominal yang dapat digunakan dalam kartu kredit biasanya memiliki limit tertentu.

3. Transfer Bank

Jenis pembayaran yang satu ini tentu sudah tidak asing bagi Anda. Lewat transfer bank, nasabah dapat mentransfer dana atau memindahkan uang dari satu rekening ke rekening yang lain. Saat ini, transfer bank dapat dilakukan melalui ATM atau online banking.

4. Internet Banking

Internet banking adalah layanan yang dapat digunakan untuk bertransaksi oleh nasabah melalui situs web bank. Layanan internet banking dapat diakses kapanpun dan dimanapun.

5. Mobile Banking

Mobile banking atau m-banking merupakan fasilitas yang disediakan oleh bank berupa aplikasi. Nasabah dapat menggunakannya untuk transaksi seperti transfer, top up, hingga membayar berbagai tagihan.

6. E-Wallet

E-wallet atau dompet digital difungsikan untuk menyimpan uang digital yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi digital. Contoh E-wallet yang umum digunakan di Indonesia yaitu GoPay, OVO, Dana, dan lain-lain.

7. E-Money

E-money atau uang elektronik merupakan salah satu produk perbankan yang dimaksudkan untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi digital atau non-tunai. E-money umumnya digunakan untuk ongkos transportasi, membayar tagihan tol, parkir, hingga belanja.

8. QRIS

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) merupakan inovasi Bank Indonesia untuk mengintegrasikan sistem pembayaran digital. Transaksi jadi lebih mudah dan cepat hanya dengan memindai kode QR untuk melakukan pembayaran.

9. PayLater

PayLater memiliki konsep yang mirip dengan kartu kredit, tetapi tanpa kartu. Pengguna dapat melakukan pembelian terlebih dahulu dan tagihan bisa dibayarkan nanti, tergantung pada tenggat yang diberikan oleh penyedia layanan.

10. Virtual Account

Virtual account merupakan sistem pembayaran digital dengan menggunakan nomor rekening yang dibuat khusus untuk satu pengguna. Penyedia layanan akan memberikan nomor rekening virtual yang berbeda untuk setiap pengguna. Virtual account biasanya digunakan untuk membayar tagihan di e-commerce, pembayaran tiket, dan lain sebagainya.




Demikianlah penjelasan sistem pembayaran digital dan perkembangannya di Indonesia. Sistem pembayaran ini tidak hanya mempengaruhi masyarakat sebagai individu, tetapi juga berpengaruh terhadap bisnis. Oleh karena itu sukseskan bisnis Anda dengan menggunakan jasa CRING! sistem pembayaran digital terpercaya.

0 komentar

Comments


bottom of page