Pembayaran digital kini telah semakin banyak digunakan oleh pelaku transaksi. Pemilik bisnis, mulai dari bisnis besar hingga bisnis kecil, kini banyak yang telah beralih menggunakan pembayaran digital. Pembayaran digital untuk UMKM memberikan memberikan berbagai penawaran pelayanan yang sulit ditolak, terutama saat konsumen juga memiliki kenyamanan menggunakan metode pembayaran digital.
Pentingnya Pembayaran Digital bagi UMKM
Di era serba teknologi ini, pembayaran digital memiliki peranan yang sangat penting untuk mendorong kemajuan UMKM. Penggunaan dan penyediaan metode pembayaran digital seperti transfer bank, e-wallet, dan scan kode QR, dapat mempercepat proses transaksi dan memperluas jangkauan pelanggan. Selain itu, pembayaran digital juga dapat memudahkan pencatatan transaksi secara otomatis, yang membantu UMKM dalam mengelola keuangan dengan lebih baik. Sebagai pemula dalam bisnis UMKM digital, mungkin Anda penasaran sudah berapa persen UMKM yang sudah digital?
Menurut Kementrian Perdagangan, pada tahun 2023 sudah ada sekitar 22 juta UMKM yang telah Go Digital. Hal ini dijelaskan dalam sebuah penelitian yang dilakukan Institute for Development of Economics and Finance (INDEF). UMKM yang telah Go Digital tentu memanfaatkan pembayaran digital sebagai moda transaksi, yang juga dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan potensi pertumbuhan bisnis. Keluwesan transaksi juga bisa meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan kredibilitas bisnis, dengan menunjukkan bahwa UMKM yang Anda kelola dapat mengikuti perkembangan teknologi dan mampu memenuhi kebutuhan konsumen modern.
Tantangan yang Dihadapi UMKM dalam Menjangkau Konsumen
Transformasi UMKM menuju digital memiliki sejumlah tantangan yang harus dihadapi, adapun tantangan yang dihadapi UMKM dalam menjangkau konsumen adalah sebagai berikut:
1. Persaingan Pasar yang Ketat
Banyaknya UMKM yang bergabung ke ekonomi digital menyebabkan persaingan yang ketat, di mana konsumen memiliki lebih banyak pilihan. Untuk dapat menonjol di tengah banyaknya persaingan membutuhkan strategi pemasaran yang kreatif dan diferensiasi produk yang sangat kuat.
2. Kurangnya Kepercayaan Konsumen pada Reputasi UMKM
Tantangan besar yang harus dihadapi UMKM terutama yang baru bergabung ke ekonomi digital adalah reputasi UMKM dan brand awareness. Konsumen memiliki kecenderungan lebih percaya pada merek yang sudah mapan atau memiliki banyak ulasan positif, sehingga para UMKM harus belajar ekstra untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap merek dan produk Anda.
3. Keterampilan Digital yang Terbatas
Kurangnya keterampilan pelaku UMKM dalam penggunaan teknologi digital untuk pemasaran juga menjadi salah satu tantangan besar. Hal ini dapat menghambat dalam penggunaan alat dan strategi digital secara efektif untuk menjangkau lebih banyak konsumen.
Manfaat Pembayaran Digital untuk UMKM
Pembayaran digital untuk UMKM memiliki berbagai manfaat diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Fleksibilitas yang Tinggi
Pembayaran digital merupakan metode pembayaran yang sangat fleksibel karena bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun dengan cepat dan mudah. Metode ini juga bisa menjangkau lebih banyak konsumen terutama jika UMKM menyediakan berbagai metode transaksi.
2. Efisien
Proses transaksi dapat diefisiensi dengan pembayaran online untuk UMKM. menghemat waktu dan tenaga karena pembayaran dapat dilakukan melalui aplikasi atau situs web. Metode pembayaran pun biasanya lebih bervariasi sehingga konsumen dapat memilih jenis pembayaran yang mereka sukai.
3. Jangkauan Konsumen lebih Luas
Pemanfaatkan pembayaran digital juga bisa membuat UMKM menjangkau konsumen lebih luas, bahkan sampai ke tingkat internasional. Ini merupakan kesempatan baik bagi Anda untuk terus mengembangkan bisnis dan membuktikan bahwa UMKM lokal juga memiliki kualitas produk yang tidak kalah bagus dari produk luar.
4. Solutif
Di zaman yang serba praktis, kebanyakan orang akan memilih cara cepat dalam hal apapun, termasuk dalam hal pembayaran. UMKM yang menyediakan banyak pilihan metode pembayaran akan lebih dipertimbangkan oleh konsumen karena mereka ingin proses belanja berjalan lebih cepat, mudah, dan aman.
Cara Implementasi Pembayaran Digital untuk UMKM
Pembayaran digital untuk UMKM memiliki beberapa cara dalam proses pengimplementasiannya, diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Ketahui Kebutuhan UMKM
Setiap bisnis tentu memiliki karakteristik dan kebutuhan tersendiri. Untuk dapat memanfaatkan teknologi pembayaran digital secara optimal, Anda perlu mengetahui apa yang menjadi kebutuhan UMKM. Anda bisa memulainya dengan melakukan analisis terhadap karakteristik bisnis, seperti jenis produk atau layanan yang ditawarkan, preferensi pelanggan, dan pola transaksi yang terjadi. Selanjutnya, Anda bisa menyediakan metode pembayaran digital dengan sistem yang sesuai dan mudah diintegrasikan dengan bisnis Anda.
2. Tentukan Penyedia Layanan Pembayaran Digital
Anda harus mempertimbangkan berbagai faktor sebelum memilih penyedia layanan pembayaran digital, seperti kemudahan penggunaan, biaya transaksi, dan dukungan teknis yang tersedia. Dengan memilih penyedia yang sesuai, UMKM dapat meningkatkan efisiensi transaksi dan memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik bagi pelanggan.
3. Platform yang Terintegrasi
Saat memilih layanan pembayaran digital, sebaiknya pilih platform pembayaran digital yang terintegrasi dan menyediakan berbagai fitur penting dalam satu aplikasi, seperti pembayaran QR, dompet elektronik, transfer dana antarbank, dan pembayaran tagihan. Di samping itu, pilih juga platform yang menawarkan layanan tambahan, misalnya manajemen keuangan perusahaan yang bisa membantu mengatur keuangan bisnis Anda.
4. Keamanan Tingkat Tinggi
Prioritaskan keamanan data dan informasi konsumen saat bertransaksi untuk mendapatkan kepercayaan konsumen. Pastikan seluruh informasi pembayaran dienkripsi dengan teknologi tinggi untuk mencegah kebocoran data pribadi konsumen.
Tips untuk Meningkatkan Jangkauan Konsumen dengan Pembayaran Digital
Pembayaran nontunai untuk bisnis kecil yang kini semakin populer bisa Anda manfaatkan untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Berikut adalah tips untuk meningkatkan jangkauan konsumen dengan pembayaran digital.
1. Sediakan Berbagai Pilihan Pembayaran Digital
Agar konsumen betah belanja di toko Anda, sebaiknya sediakan berbagai pilihan metode pembayaran digital. Hal ini bisa membuat konsumen untuk melakukan transaksi dengan metode yang mereka sukai.
2. Permudah Proses Checkout
Proses pembayaran digital yang sederhana dan cepat bisa membuat konsumen segera menyelesaikan proses transaksi. Semakin mudah konsumen melakukan pembayaran, potensi pembatalan transaksi akan berkurang.
3. Manfaatkan Promosi dan Cashback
Promo, diskon, dan cashback selalu menjadi hal yang disukai konsumen. Beri penawaran dengan menggunakan metode pembayaran tertentu. Hal ini bisa mendorong konsumen untuk mencoba metode pembayaran digital dan meningkatkan penjualan.
4. Integrasikan Pembayaran Digital ke E-commerce dan Media Sosial
Gunakan platform e-commerce dan media sosial yang mendukung pembayaran digital. Strategi ini bisa meningkatkan penjualan, karena konsumen banyak yang bermain di dua platform tersebut. Namun, pastikan ada opsi pembayaran digital yang cepat dan mudah.
5. Optimalkan Pengalaman Mobile
Banyak konsumen yang melakukan pembelian lewat smartphone. Oleh karena itu, pastikan situs web atau aplikasi Anda responsif dan mendukung pembayaran digital dari perangkat seluler.
UMKM Sukses Menjangkau Konsumen dengan CRING!
CRING! payment facilitator, bisa membantu UMKM menyediakan pilihan metode pembayaran yang fleksibel, seperti QR kode, VA Account, transfer bank, dan lain-lain. Dengan banyaknya variasi pembayaran, konsumen dapat bertransaksi dengan lebih nyaman dan cepat. Dengan CRING! UMKM juga bisa meningkatkan jangkauan konsumen dengan berbagai fitur yang tersedia. Tunggu apa lagi? Hubungi tim CRING! Sekarang dan Mulai Jangkau Lebih Banyak Konsumen
コメント