top of page
Cring bank fasilitator produk dari perusahaan SPE Solution

Tentang CRING!

Produk perbankan dengan berbagai layanan yang terintegrasi melalui API dalam satu portal web yang akan membantu klien kami untuk memantau, mengelola Cash-In dan Cash-Out secara realtime.

Institusi finansial dihadapkan pada tantangan untuk mengefisiensikan proses operasional bisnis terutama dari sisi finansial (Cash in / Cash Out). Transformasi digital di bidang keuangan dapat menjadi solusi untuk mengatasi tantangan ini, namun proses transformasi digital ini membutuhkan biaya, waktu, dan sumber daya manusia (SDM) yang tidak sedikit. Oleh karena itu, CRING! hadir untuk memberikan solusi terbaik.

Tampilan Dashboard

BNI Virtual Account portal CRING

Cara Kerja CRING!

Cara Kerja BNI Bank Fasilitator

CRING! yang memiliki fungsi sebagai Bank Fasilitator adalah sebuah entitas yang memfasilitasi pembayaran antara ketiga pelaku:

Customer, Merchant, dan Bank.

  • Customer dapat melakukan inisiasi pembayaran, melihat informasi pembayaran, membatalkan pembayaran (tergantung dari kebijakan/system merchant).

  • Merchant dapat melakukan inisiasi pembayaran, menerima pembayaran, melihat informasi pembayaran, dan memproses pengembalian dana.

  • Bank dapat memproses pembayaran, memvalidasi pembayaran, memverifikasi informasi pembayaran, dan memberikan informasi pembayaran.

fungsi bank fasilitator BNI

Pada posisi ini CRING! akan menyediakan interface bagi Merchant untuk berinteraksi dan mengelola proses pembayaran, memastikan bahwa pembayaran aman, efisien, dan transparan.

Secara umum alur penggunaan aplikasi pada CRING! melalui API:

  1. Customer melakukan permintaan transaksi kepada Merchant/Biller (melalui system Merchant).

  2. Merchant/Biller mengirim data transaksi yang ingin dilakukan melalui API yang telah disediakan oleh CRING!

  3. CRING! mengirim permintaan transaksi tersebut kepada sistem Bank untuk diproses via API.

  4. Bank memproses transaksi yang dilakukan oleh Customer dan Merchant.

  5. CRING! mendapatkan notifikasi transaksi dari Bank via API.

  6. CRING! meneruskan notifikasi pembayaran ke Merchant/Biller via API.

Portal cring bank fasilitator BNI

Secara alur penggunaan aplikasi pada CRING! melalui Portal:

  1. Merchant/Biller mengirim data transaksi yang ingin dilakukan melalui  Portal CRING!

  2. CRING! mengirim permintaan transaksi tersebut kepada sistem Bank untuk diproses via API.

  3. Bank memproses transaksi yang dilakukan oleh Customer dan Merchant.

  4. CRING! mendapatkan notifikasi transaksi dari Bank via API.

  5. Customer dapat melihat laporan transaksi yang telah berhasil dilakukan via Portal CRING!

Use Case

Billing Payment Bank BNI

Billing Payment

Pembayaran Berbasis Billing

Sistem tagihan pembayaran dari pelanggan yang memiliki tagihan

Use case ini menggambarkan proses penagihan pembayaran dari pelanggan. Secara umum, proses ini melibatkan langkah-langkah berikut: 

Mengidentifikasi pelanggan yang memiliki tagihan

Menghasilkan faktur atau tagihan

Mengirim faktur atau tagihan kepada pelanggan

Melacak status pembayaran

Menagih pembayaran

Sistem membayarkan gaji karyawan dengan memperhitungkan pajak dan potongan lainnya

Use case ini menggambarkan proses pembayaran gaji kepada karyawan. Secara umum, proses ini melibatkan langkah-langkah berikut:

Menghitung gaji atau upah karyawan

Menghasilkan slip gaji

Mengirim slip gaji kepada karyawan

Mengurangi pajak dan potongan lainnya dari gaji karyawan

Membayar gaji bersih kepada karyawan

Payroll Disbursment bank BNI

Payroll Disbursement

Pembayaran Gaji Karyawan

Instalment bank BNI

Installment

Pembayaran Berbasis Cicilan

Sistem menerima pembayaran angsuran dari pelanggan, sesuai dengan jadwal yang telah disepakati

Use case ini menggambarkan proses pembayaran secara angsuran. Secara umum, proses ini melibatkan langkah-langkah berikut:

Menyepakati ketentuan pembayaran angsuran 

Menghasilkan jadwal angsuran

Melakukan pembayaran angsuran tepat waktu

Melacak status pembayaran

Sistem menerima pembayaran untuk barang atau jasa yang dibeli secara online

Use case ini menggambarkan proses pembayaran untuk barang atau jasa yang dibeli secara online. Secara umum, proses ini melibatkan langkah-langkah berikut:

Memilih metode pembayaran

Memasukkan detail pembayaran

Mengizinkan pembayaran

Menerima konfirmasi pembayaran

Online Store Payment Bank BNI

Online Store Payment

Pembayaran yang Terintegrasi dengan Online Store

Loan Management Bank BNI

Loan Management

Sistem Pengelolaan Pinjaman dan Pendanaan

Sistem mengelola pinjaman, mulai dari pemberian pinjaman, penagihan pembayaran, hingga pengelolaan portofolio pinjaman

Use case ini menggambarkan proses pengelolaan pinjaman. Secara umum, proses ini melibatkan langkah-langkah berikut:

Memulai pinjaman

Memproses aplikasi pinjaman

Menyusun pinjaman

Membayarkan pinjaman

Menagih pembayaran pinjaman 

Mengelola portofolio pinjaman

bottom of page