top of page
Group 45.png
campaign-newspaper.png

BLOG

  • Gambar penulisAdmin

Pentingnya UMKM Memiliki Rekening Bisnis untuk Optimalkan Pertumbuhan Bisnis

Rekening Bisnis

Memiliki rekening bisnis merupakan hal yang penting bagi Anda yang sedang mengelola UMKM. Pemisahan rekening pribadi dengan tabungan bisnis tidak boleh dianggap remeh karena dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan bisnis. Ketika suatu bisnis yang dikelola masih kecil, mungkin Anda masih meragukan apa pentingnya memiliki rekening bisnis, namun saat bisnis mulai berkembang Anda akan merasakan manfaat pemisahan tabungan bisnis dengan pribadi. Namun sebelum itu, Anda harus memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan tabungan bisnis?


Tabungan bisnis merupakan jenis rekening simpanan yang diperuntukan untuk kepentingan bisnis atau usaha. Pembukaan rekening bisnis juga dapat membantu mengelola keuangan perusahaan dengan lebih baik dan bijak agar aset pribadi dan perusahaan tidak tercampur. Artikel ini akan membahas tentang konsep dasar rekening bisnis, cara memiliki tabungan bisnis, serta manfaat memiliki rekening bisnis.



Konsep Dasar Rekening Bisnis

Rekening bisnis pada dasarnya merupakan rekening yang dibuka untuk digunakan bagi kepentingan bisnis. Pembukaan rekening biasanya menggunakan nama perusahaan atau nama usaha. Dengan rekening bisnis, pelaku bisnis dapat dengan mudah mengawasi uang masuk dan uang keluar dalam bisnisnya. Hal ini, akan mempermudah proses pengelolaan keuangan, sehingga laporan keuangan dapat dibuat dengan lebih jelas dan terperinci.


Selain itu, beberapa rekening bisnis juga biasanya menyediakan layanan pembayaran virtual account (VA) yang dapat memudahkan proses transaksi dalam bisnis Anda. Saat ini, kemudahan dalam proses pembayaran juga menjadi pertimbangan pelanggan untuk memberikan loyalitasnya. Salah satu contoh bank yang menyediakan layanan virtual account adalah BNI.


Cara Memiliki Tabungan Bisnis

Bagi Anda yang baru memulai bisnis, mungkin Anda sedikit bingung dengan pembukaan rekening atau tabungan bisnis. Berikut adalah cara memiliki tabungan bisnis.


1. Memilih Bank yang Tepat

Sebelum membuka tabungan bisnis, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu bank apa saja yang memiliki produk rekening bisnis. Kemudian pilih bank yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis yang sedang Anda jalani. Pastikan juga bank yang akan dipilih memiliki reputasi baik yang dapat menjamin keamanan rekening bisnis Anda.


2. Siapkan Dokumen dan Persyaratan yang Diperlukan

Ada beberapa dokumen yang harus disiapkan untuk rekening bisnis. Selain itu, beberapa bank memiliki persyaratan yang harus dipenuhi saat hendak membuka rekening bisnis seperti identitas pemilik bisnis, NPWP pendiri dan entitas usaha, sertifikat pendaftaran perseroan, akta pendirian, dan beberapa dokumen lain sesuai ketentuan bank.


3. Hubungi dan Datangi Bank

Setelah menentukan bank yang akan dipilih dan menyiapkan dokumen persyaratan, tahap berikutnya adalah menghubungi pihak bank untuk membuat janji temu terkait pembukaan rekening bisnis. Kemudian datangi bank secara langsung dan serahkan semua dokumen persyaratan. Namun, biasanya Anda akan diminta mengisi formulir terlebih dahulu untuk pembukaan rekening.


4. Aktivasi Rekening

Setelah mengajukan permohonan pembukaan rekening, umumnya bank akan mengecek dan meninjau dokumen persyaratan yang diserahkan oleh Anda. Jika sesuai ketentuan dan disetujui, bank akan menyerahkan kartu ATM rekening bisnis dan memberikan instruksi cara penggunaannya.


Kerugian Jika UMKM Tidak Memiliki Rekening Bisnis

Rekening bisnis bersifat penting karena terdapat kerugian jika tidak memilikinya. Berikut adalah beberapa kerugian jika UMKM tidak memiliki rekening bisnis.


1. Perhitungan Pajak Kurang Tepat

Menggabungkan dana pribadi dan bisnis dapat menyebabkan pembengkakkan jumlah pajak. Jika keuangan tidak dipisah, maka dana pribadi berpotensi dihitung sebagai laba saat perhitungan pajak yang membuat nominal pajak jadi lebih besar. 


2. Potensi Terjadinya Penggelapan Dana

Saat UMKM didirikan oleh lebih dari satu orang, kemudian mereka sepakat untuk menggunakan rekening pribadi salah satu pendiri untuk kebutuhan bisnis, maka potensi penggelapan dana bisa saja terjadi. Pemilik rekening bisa saja menyalahgunakan uang perusahaan di rekening pribadinya. Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya dana perusahaan disimpan dalam rekening bisnis yang terpisah dari rekening pribadi.


3. Dapat Dicurigai sebagai Transaksi Tidak Lazim

Fenomena penyembunyian omzet bisnis lewat rekening pribadi seringkali ditemukan oleh PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan). Dana tersebut biasanya disembunyikan agar tidak perlu dilaporkan melalui SPT Tahunan Badan. Oleh sebab itu, transaksi bisnis yang terjadi pada rekening pribadi dapat dicurigai sebagai transaksi tidak lazim dan mencurigakan.



Manfaat Memiliki Rekening Bisnis

Terdapat beberapa manfaat memiliki rekening bisnis yang terpisah dari rekening pribadi. Berikut adalah manfaat memiliki rekening bisnis yang perlu Anda ketahui.


1. Mengontrol dan Mempermudah Rencana Keuangan Bisnis

Memisahkan rekening bisnis dengan rekening pribadi membuat Anda lebih mudah mengawasi uang masuk dan uang keluar. Anda juga dapat memastikan keuntungan dan kerugian yang dialami. Lewat data tersebut Anda dapat mengontrol dan mengatur rencana keuangan untuk masa mendatang agar bisnis Anda terus berkembang dan tidak mengalami kerugian.


2. Evaluasi Kinerja Bisnis

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa dengan rekening bisnis Anda dapat mengetahui untung dan rugi yang dialami. Hal ini akan membantu Anda dalam mengevaluasi bisnis, sehingga dapat segera mencari solusi jika terdapat masalah keuangan dalam bisnis yang sedang dijalani.


3. Meningkatkan Kredibilitas dan Profesionalisme

Adanya rekening perusahaan membuat Anda terlihat memiliki kredibilitas, sehingga dapat menumbuhkan kepercayaan, baik rekan bisnis maupun pelanggan, terhadap bisnis Anda. Selain itu, pemisahan rekening bisnis dan pribadi juga dapat meningkatkan profesionalisme bisnis Anda. 


4. Memudahkan Perhitungan Pajak

Membayar pajak tentu akan menjadi kewajiban bagi Anda yang mengelola bisnis. Pemisahan rekening perusahaan dan pribadi akan membantu memudahkan perhitungan pajak dan menghindari pembengkakan nominal pajak jika jumlah dana pribadi dan bisnis tidak dipisah.


5. Mencegah Kebangkrutan

Saat uang pribadi dan bisnis tidak dipisah, Anda mungkin akan kesulitan memberikan batasan yang berpotensi terpakainya dana bisnis untuk kebutuhan pribadi. Jika hal ini terjadi secara berkala, Anda bisa kehilangan modal bisnis dan mendorong pada kebangkrutan. Di sisi lain, Anda juga bisa menggunakan uang pribadi untuk menutupi kerugian bisnis, hal ini harus dicegah agar aset pribadi Anda tetap terlindungi. 


Oleh karena itu, sebaiknya Anda memisahkan rekening bisnis dan rekening pribadi agar hal-hal yang mungkin merugikan tidak terjadi. Pilihlah bank yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Kunjungi CRING! untuk berbagai layanan yang dapat memudahkan pengelolaan keuangan perusahaan Anda.

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page