top of page
Group 45.png
campaign-newspaper.png

BLOG

  • Gambar penulisAdmin

Tingkatkan Efisiensi Bisnis dengan Optimalkan Integrasi Sistem Pembayaran

Integrasi Sistem Pembayaran

Dalam sebuah bisnis, transaksi adalah peristiwa yang selalu terjadi, dimana setiap transaksi akan berfungsi untuk terus mengembangkan bisnis. Dengan ekosistem pembayaran digital yang makin merebak di masyarakat, pelaku bisnis perlu mengoptimalkan integrasi sistem pembayaran bisnis berjalan semakin efisien. Namun, sebelum itu pebisnis tentu perlu memahami apa yang dimaksud dengan sistem pembayaran?


Menurut Bank Indonesia, sistem pembayaran ialah berupa peraturan, lembaga, dan metode yang digunakan untuk melakukan transfer dana untuk memenuhi kewajiban dalam kegiatan ekonomi. Saat ini ada banyak sistem pembayaran yang berlaku di Indonesia dan dapat dipisahkan dalam dua kelompok yaitu konvensional dan digital. Sistem pembayaran digital yang kini banyak digunakan telah memunculkan berbagai metode pembayaran. Oleh sebab itu, perusahaan memerlukan integrasi sistem pembayaran untuk menyederhanakan proses transaksi dalam bisnis mereka.



Memahami Konsep Integrasi Sistem Transaksi Pembayaran

Integrasi sistem pembayaran merupakan istilah yang merujuk pada metode atau mekanisme pembayaran, dimana semua jenis pembayaran digital yang digunakan akan tersambung pada sebuah software yang akan membantu pelaku bisnis mengelola semua transaksi, baik uang masuk atau keluar, menjadi lebih efektif dan efisien. 


Sistem pembayaran yang terintegrasi ini biasanya didukung oleh sebuah teknologi bernama API yang disediakan oleh pihak ketiga. Sistem API ini akan menjadi perantara antara pembayar dan penerima dalam proses pembayaran di halaman situs web atau aplikasi pembayaran. Dengan sistem API pembayaran, semua transaksi dan data keuangan dalam sebuah bisnis dapat terintegrasi dan berjalan dengan baik.


Pebisnis amat perlu mempertimbangkan penggunaan integrasi sistem pembayaran karena memiliki banyak manfaat untuk bisnis. Sistem ini akan membantu menyederhanakan proses transaksi, dari awal pembelian hingga selesai. Selain itu, integrasi sistem pembayaran juga akan membantu meringkas tugas atau hal-hal operasional perusahaan.


Manfaat Integrasi Sistem Pembayaran untuk Bisnis

Kehadiran suatu teknologi tidak hadir tanpa sebab. Begitu juga dengan integrasi sistem pembayaran yang memiliki banyak manfaat untuk bisnis. Berikut adalah manfaat integrasi sistem 

  1. Lebih Cepat dan Praktis

Penggunaan integrasi sistem pembayaran akan membuat proses transaksi lebih cepat dan praktis. Sebaliknya, sistem pembayaran yang belum terintegrasi membuat proses transaksi lebih panjang karena harus melewati beberapa tahapan. Saat sedang berbelanja di e-commerce dan pembeli memilih e-wallet sebagai metode pembayaran, seringkali pembeli harus bolak-balik antara situs web e-commerce dan aplikasi e-wallet. Proses ini memakan waktu lebih lama dibanding jika perusahaan menggunakan sistem pembayaran terintegrasi.

Dengan integrasi sistem pembayaran, pembeli bisa langsung memberikan informasi pembayaran tepat saat mereka melakukan check out barang. Oleh karena itu, sistem ini membuat proses transaksi lebih cepat dan praktis.


  1. Otomatisasi Laporan Keuangan

Manfaat selanjutnya adalah otomatisasi laporan keuangan. Integrasi sistem pembayaran akan mencatat semua transaksi yang terjadi secara otomatis. Hal ini akan mempermudah perusahaan dalam memantau perkembangan penjualan serta jumlah pajak yang mesti dibayar perusahaan.


  1. Mengurangi Kesalahan Pencatatan

Menyambung dari manfaat sebelumnya, laporan keuangan yang telah tercatat secara otomatis dapat mengurangi kesalahan pencatatan yang mungkin terjadi jika dilakukan secara manual. 


  1. Keamanan Tinggi 

Integrasi sistem pembayaran yang biasanya menggunakan payment API yang telah dilengkapi dengan keamanan tingkat tinggi seperti enkripsi data dan deteksi penipuan. Oleh karena itu, bisnis yang menggunakan API pembayaran memiliki tingkat keamanan lebih tinggi dalam proses transaksi dibanding dengan yang tidak menggunakan sistem ini.


  1. Metode Pembayaran Beragam

Sistem pembayaran digital membuat opsi metode pembayaran semakin banyak. Integrasi sistem pembayaran mengizinkan pelaku bisnis untuk menawarkan berbagai pilihan jenis pembayaran kepada pelanggan, sehingga pelanggan dapat menggunakan jenis pembayaran sesuai dengan preferensi masing-masing.


Pembeli dapat menggunakan berbagai metode pembayaran seperti e-wallet, transfer bank, online/mobile banking, kartu kredit/debit, dan lain-lain. Hal ini akan membuat bisnis menjangkau konsumen dengan skala lebih luas yang tentu saja akan menguntungkan bisnis. 



Optimalkan Transaksi dengan Integrasi Sistem Pembayaran

Setelah melihat penjelasan di atas, Anda tentu tertarik menggunakan integrasi sistem pembayaran untuk bisnis Anda. Namun, ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk memilih produk sistem ini. Berikut adalah tips memilih penyedia layanan integrasi sistem pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.


  1. Penyederhanaan Proses Pembayaran

Salah satu fungsi integrasi sistem pembayaran atau API pembayaran adalah untuk menyederhanakan proses pembayaran. Oleh karena itu, pastikan penyedia layanan yang akan dipilih dapat membuat proses transaksi bisnis Anda lebih sederhana agar pelanggan semakin puas.


  1. Kostumisasi

Perlu Anda ketahui, API pembayaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Dengan kostumisasi, Anda bisa memastikan pengalaman pembayaran yang akan diberikan kepada pelanggan dapat dibuat senyaman mungkin.


  1. Tingkat Keamanan yang Tinggi

Detail transaksi dan data pelanggan biasanya disimpan oleh penyedia payment API. Sehingga Anda harus memastikan penyedia layanan akan memberikan perlindungan terhadap data tersebut dan memastikan kepatuhan pada peraturan yang berlaku.

 

  1. Opsi Pembayaran

Untuk menjangkau konsumen dalam skala luas, penawaran opsi pembayaran yang variatif merupakan hal yang perlu dilakukan. Maka pilihlah penyedia layanan yang menyediakan metode pembayaran yang lengkap.


Untuk mengoptimalkan bisnis, Anda bisa menjadikan CRING! sebagai pilihan. CRING! dapat membantu pengelolaan keuangan perusahaan Anda. CRING! Payment Facilitator juga menawarkan berbagai metode dan jenis pembayaran digital seperti Virtual Account (Credit & Debit), Fund Transfer, Bank Validator, Direct Debit dan RDL yang dapat diintegrasikan. Oleh karena itu, gunakan CRING! Payment Facilitator, sekarang juga

0 komentar

Comentarios


bottom of page