Contactless Payment: Inovasi Pembayaran Digital untuk Bisnis Lebih Efisien
- Admin
- 20 Jun
- 4 menit membaca

Di era modern ini, kecepatan dan kenyamanan dalam bertransaksi menjadi faktor penting, baik bagi konsumen maupun pelaku bisnis. Salah satu inovasi pembayaran yang saat ini makin populer adalah contactless payment atau pembayaran tanpa kontak fisik.Â
Teknologi ini membuat proses transaksi tidak perlu menyentuh tombol atau menyerah/terimakan uang. Pelanggan cukup mendekatkan kartu atau smartphone ke mesin pembaca pembayaran.Â
Tren Contactless Payment di Era Digitalisasi TransaksiÂ
Metode pembayaran contactless sebenarnya bukan hal yang baru. Teknologi ini sudah hadir sejak sekitar 1990, namun adopsinya masih terbatas di kalangan pedagang.Â
Melihat potensi itu, teknologi tersebut semakin berkembang, bahkan ribuan bank, perusahaan kartu kredit, dan pedagang di seluruh dunia turut menggunakannya.
Kemudian pada 1995, Korea Selatan memperkenalkan UPass, sistem pembayaran contactless pertama untuk penumpang bus. Lalu di Inggris, sistem ini meningkat popularitasnya ketika Oyster Card menerapkan untuk penggunaan kereta bawah tanah.
Lalu, metode ini mulai meningkat popularitasnya di Inggris sejak London menerapkan Oyster Card untuk kereta bawah tanah, serta mulai mendukung pembayaran nirkontak dengan kartu kredit dan debit pada 2014. Sebaliknya, Amerika Serikat lambat mengadopsi teknologi ini.
Pada 2018, hanya ada sekitar 20% transaksi di Australia, Kanada, Korea Selatan, dan Inggris yang menggunakan metode contactless payment. Pandemi COVID-19 pada 2019 mempercepat adopsi global untuk mencegah penyebaran virus, dan tren ini terus berkembang hingga kini.
Apa Itu Contactless Payment?Â
Setelah membaca tren contactless payment di era digitalisasi transaksi, mungkin Anda sudah bisa menyimpulkan apa yang dimaksud dengan pembayaran nirkontak?
Pembayaran nirkontak atau contactless payment merupakan salah satu jenis metode pembayaran untuk membeli suatu produk atau layanan jasa. Dengan metode ini, konsumen dapat membayar hanya dengan mendekatkan kartu, smartphone, atau perangkat wearable ke mesin EDC tanpa perlu memasukkan PIN.Â
Teknologi pembayaran ini biasanya menggunakan NFC (Near Field Communication) atau RFID (Radio Frequency Identification), yang memungkinkan transfer data dapat terjadi dalam jarak sangat dekat. Dengan contactless payment, proses transaksi menjadi lebih cepat, aman, dan praktis.
Manfaat Contactless Payment untuk Efisiensi BisnisÂ
Contactless payment memiliki beberapa manfaat untuk efisiensi bisnis, di antaranya adalah sebagai berikut:
Lebih Cepat
Contactless memiliki kecepatan yang sangat tinggi dibandingkan dengan metode pembayaran yang lain.Â
Cara pembayaran ini cocok untuk bisnis yang sering terjadi antrean panjang. Meski begitu, para pelanggan pun cenderung lebih menyukai metode pembayaran dengan waktu singkat.
Mendukung Gaya Hidup Generasi Muda
Kebanyakan generasi muda masa kini tumbuh bersama teknologi. Oleh sebab itu, tak heran jika generasi muda lebih menyukai metode pembayaran contactless yang lebih praktis.Â
Lebih Aman dan Praktis
Pembayaran contactless memberikan rasa lebih aman karena risiko pencurian dan penipuan lebih rendah dibanding dengan metode pembayaran tradisional. Selain itu, metode pembayaran contactless juga lebih praktis dengan waktu yang lebih singkat.
Risiko Penyebaran Kuman lebih Rendah
Contactless payment membuat risiko penyebaran kuman lebih rendah karena kontak fisik antara pedagang dengan konsumen menjadi jauh berkurang.Â
Beradaptasi dengan Teknologi Terkini
Teknologi yang kian pesat selalu memberikan kejutan luar biasa kepada manusia. Beradaptasi dengan teknologi terkini menandakan bahwa bisnis Anda siap dengan kemungkinan teknologi di masa mendatang.Â
Contactless Payment sebagai Strategi Bisnis ModernÂ
Contactless payment kini menjadi salah satu strategi bisnis modern yang semakin relevan di era digitalisasi. Dengan adanya teknologi seperti NFC, kode QR, dan e-wallet, pelanggan bisa melakukan transaksi secara cepat, aman, dan higienis tanpa perlu menyentuh perangkat kasir atau menyerahkan uang tunai.
Bagi pelaku bisnis, adopsi sistem pembayaran nirkontak membuka peluang untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan mempercepat proses transaksi. Selain itu, sistem ini juga dapat digunakan untuk mengumpulkan data transaksi digital secara real-time yang dapat digunakan untuk menganalisis perilaku konsumen dan merancang strategi bisnis yang lebih efektif.Â
Fitur Contactless yang Ditawarkan oleh CRING!Â
CRING! Payment facilitator menawarkan beberapa fitur contactless yang bisa dinikmati oleh bisnis Anda, diantaranya adalah sebagai berikut.
Mobile Wallet Integration
CRING! memungkinkan bisnis Anda menyediakan pembayaran dengan berbagai dompet digital. Dengan metode ini, smartphone cukup ditempelkan saja di reader dan pembayaran selesai dilakukan.
QR Code
QR code termasuk ke dalam metode pembayaran contactless payment sebab pelanggan cukup memindai kode QR statis atau dinamis di kasir tanpa menyentuh alat pembayaran.
Mendukung Multi-Bank & Multi-EwalletÂ
Fitur lain yang ditawarkan CRING! adalah mendukung berbagai jenis bank dan aplikasi pembayaran dalam satu sistem. Sehingga dapat memudahkan merchant dan konsumen dalam bertransaksi.
Keunggulan Contactless Payment dengan CRING!Â
Bisnis yang menggunakan contactless payment sebagai salah satu metode pembayaran,Â
Aman dan Terlindungi
Pembayaran nirkontak atau contactless payment dari CRING! dilengkapi dengan teknologi enkripsi canggih yang akan menjaga data tetap aman. Selain itu, risiko pencurian data pun jadi lebih rendah dibandingkan dengan kartu atau uang tunai.
Mendukung Banyak Platform
Contactless payment biasanya bisa digunakan melalui berbagai media seperti smartphone hingga kode QR. Sehingga konsumen bisa memilih cara pembayaran favorit mereka.
Minim Kontak Fisik
Pembayaran nirkontak membuat kontak fisik menjadi terminimalisasi. Pelanggan tidak perlu menyerahkan uang tunai, kartu pembayaran, atau menyentuh perangkat kasir secara langsung.Â
Citra Bisnis jadi Lebih Modern
Cepat beradaptasi dengan teknologi terkini membuat bisnis Anda terlihat lebih modern, up-to-date, inovatif, dan peduli pada kenyamanan pelanggan.Â
Transparansi dan Riwayat Transaksi Otomatis
Setiap transaksi akan tercatat otomatis secara digital, yang dapat memudahkan pencatatan keuangan baik untuk merchant maupun pelanggan.
CRING! Payment Facilitator dan Dukungan Contactless PaymentÂ
CRING! Payment Facilitator selalu hadir sebagai solusi keuangan digital, termasuk memberikan dukungan penuh pada sistem contactless payment yang dapat membantu pelaku usaha beradaptasi dengan tren pembayaran modern.Â
Dengan integrasi teknologi yang aman dan mudah digunakan, CRING! membuat bisnis dari berbagai skala, dapat menerima transaksi contactless payment secara optimal, lewat virtual account maupun kode QR. Dengan ini, CRING! Hadir sebagai Mitra Inovasi Digital untuk Bisnis yang Lebih Cerdas dan Efisien.