top of page
Group 45.png
campaign-newspaper.png

BLOG

  • Gambar penulisAdmin

Maksimalkan Manajemen Transaksi Bisnis dengan CRING! Payment Facilitator

manajemen transaksi bisnis

Transaksi merupakan hal rutin yang terjadi dalam sebuah bisnis. Penting bagi para pebisnis untuk dapat mengelola transaksi bisnis agar dapat membuat fondasi pengaturan keuangan yang kuat. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk pengelolaan keuangan perusahaan adalah dengan menggunakan teknologi manajemen transaksi. Namun sebelum itu, penting bagi para pemilik bisnis untuk memahami lebih jauh apa yang dimaksud dengan transaksi bisnis?


Transaksi bisnis (business transaction) merupakan kegiatan pertukaran, baik berupa uang, barang, atau jasa yang dapat mempengaruhi laporan keuangan perusahaan. Kegiatan ini biasanya melibatkan pihak ketiga untuk melakukan transaksi. Jika transaksi keuangan bernilai tinggi, umumnya perusahaan akan membutuhkan sebuah jurnal seperti jurnal penjualan atau jurnal pembelian. Namun, jika transaksi bernilai lebih rendah, maka laporan transaksi bisa langsung dimasukkan ke dalam buku besar.



Definisi Manajemen Transaksi

Manajemen transaksi adalah peralatan manajemen berupa sistem akuntansi yang akan mencatat segala hal yang berkaitan dengan transaksi keuangan. Sistem ini dapat membuat tingkat efisiensi pelayanan transaksi semakin terintegrasi dan teroptimasi. 

Para pebisnis dapat memanfaatkan teknologi manajemen transaksi untuk mengelola transaksi bisnis agar lebih teratur dan terstruktur. Teknologi ini akan mengawasi, memastikan, dan menyederhanakan proses transaksi bisnis sehingga kegiatan transaksi dapat berjalan dengan lebih praktis. 


5 Manfaat Manajemen Transaksi yang Baik dalam Bisnis

Banyak perusahaan besar yang telah menggunakan manajemen transaksi agar bisnis dapat berjalan lebih optimal. Berikut adalah manfaat manajemen transaksi yang baik dalam bisnis.


1. Efisiensi dan Akurasi 

Kecanggihan sistem manajemen transaksi dapat membuat perusahaan menawarkan pelayanan transaksi yang efisien. Di samping itu, sistem ini juga dapat mengurangi kesalahan selama pemrosesan transaksi.


2. Mengaudit Transaksi

Teknologi manajemen transaksi bisnis dapat membuat proses audit transaksi dari awal hingga akhir berjalan secara otomatis. Selain itu, semua riwayat transaksi akan tersimpan dengan baik sehingga Anda dapat mencari transaksi yang diinginkan atau dibutuhkan. Hal ini tentu akan mempermudah dan meringkas pekerjaan mengaudit transaksi yang jika dilakukan secara manual dapat memakan waktu lebih banyak.


3. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Proses transaksi dalam bisnis tidak hanya penting bagi perusahaan, tetapi juga penting bagi pelanggan. Jika proses transaksi yang harus dilewati cukup rumit, pelanggan kemungkinan akan berpikir berkali-kali untuk melakukan transaksi. Sebaliknya, jika proses transaksi lebih sederhana dan cepat, pelanggan kemungkinan akan merasa lebih puas.


4. Mengurangi Pengeluaran

Dengan teknologi manajemen transaksi, banyak proses transaksi yang dapat disederhanakan dan diotomatisasi. Sehingga beberapa pekerjaan dapat dilakukan dengan cepat dan oleh lebih sedikit karyawan. 


5. Transformasi Digital Bisnis

Sebuah bisnis tentu harus mengikuti tren agar tidak ketinggalan zaman dan tetap relevan. Menggunakan sistem berbasis digital untuk kegiatan bisnis adalah salah satu hal yang dapat dilakukan. Perusahaan harus siap melakukan transformasi digital bisnis untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia modern yang serba digital.


Faktor Penting dalam Sistem Manajemen Transaksi

Sebelum menggunakan sistem manajemen transaksi untuk bisnis Anda, ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan. Berikut adalah faktor penting dalam sistem manajemen transaksi. 


Sistem Keamanan Data yang Canggih

Keamanan data tentu menjadi faktor penting saat menggunakan sistem manajemen transaksi berbasis digital. Baik data pelanggan maupun data perusahaan harus terjaga dengan baik kerahasiaannya. Anda harus memastikan data memiliki sarana penyimpanan yang mutakhir agar tingkat keamanan sistem dapat terjamin.


Sistem Autentikasi yang Mutakhir

Untuk meningkatkan keamanan dalam bertransaksi, Anda perlu memilih sistem yang menyediakan  layanan tanda tangan elektronik (TTE) sebagai sistem autentikasi yang mutakhir.


Sistem Kerja Otomatis

Salah satu keunggulan yang dimiliki sistem manajemen transaksi berbasis digital adalah sifatnya yang bekerja otomatis. Kehadiran teknologi cloud juga memungkinkan berbagai jenis transaksi dapat diproses dalam satu tempat.


Kemudahan Melakukan Integrasi

Transaksi yang terintegrasi saat ini menjadi hal yang penting dalam sebuah bisnis. Sistem manajemen transaksi menawarkan kemudahan untuk melakukan integrasi yang dapat memberi keuntungan bagi perusahaan yang menyediakan berbagai jenis sistem pembayaran digital.


Berbagai Macam Sistem Layanan Manajemen Transaksi untuk Bisnis

Beberapa sistem manajemen transaksi mungkin pernah Anda temukan dalam kegiatan transaksi sehari-hari. Berbagai macam sistem layanan manajemen transaksi untuk bisnis adalah sebagai berikut: 


Sistem Online Banking

Online banking adalah fasilitas yang disediakan bank agar para nasabah dapat melakukan transaksi secara online. Lewat situs web atau aplikasi bank tertentu, nasabah bisa mengecek saldo, transfer dana, pembayaran tagihan, dan lain-lain.


Sistem Pembayaran Online

Sebagian dari Anda tentu pernah berbelanja secara daring. Umumnya pembayaran dilakukan secara online dengan menggunakan virtual account, e-wallet, dan sebagainya. Selama proses pembayaran, sistem ini juga biasanya akan memberikan notifikasi seperti payment reminder, detail pembayaran, dan lain sebagainya.


Sistem Tiket Online

Layanan manajemen transaksi berikutnya adalah sistem tiket online yang dapat membantu proses pembelian tiket secara online. Sistem manajemen transaksi ini dapat mempermudah pelanggan membeli tiket dan melakukan pembayaran tanpa harus datang langsung ke loket penjualan.


Sistem Invoice Online

Layanan yang disediakan manajemen transaksi selanjutnya adalah sistem invoice online yang akan mempermudah pelaku bisnis mengirim atau menerima invoice pembayaran secara online. Pembayaran otomatis, pengiriman invoice, dan pelacakan pembayaran adalah fitur yang umumnya terdapat dalam sistem ini.



Optimalkan Manajemen Transaksi Bisnis Dengan CRING!

Dengan manajemen transaksi, Anda dapat meningkatkan kinerja berbagai elemen dalam bisnis Anda. Namun, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, beberapa faktor penting harus tetap diperhatikan saat hendak memilih dan menggunakan sistem manajemen transaksi.  Anda bisa memanfaatkan CRING! Payment Facilitator yang dapat mengoptimalkan manajemen transaksi bisnis Anda.


CRING! Payment Facilitator menyediakan berbagai layanan yang akan memudahkan proses pembayaran dan transaksi bisnis Anda. Untuk dapat memanfaatkan layanan secara maksimal, kunjungi CRING! Payment Facilitator sekarang juga.

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page