top of page
Group 45.png
campaign-newspaper.png

BLOG

Pentingnya Memastikan Keamanan Transaksi dari Ancaman Digital

keamanan transaksi dan ancaman digital

Transaksi digital merupakan salah satu jenis transaksi yang banyak digunakan oleh masyarakat karena kemudahan dan manfaat yang ditawarkannya. Namun, di balik kelebihan tersebut, rupanya terdapat ancaman digital yang bisa sangat serius jika tidak berhati-hati. Untuk memastikan keamanan transaksi, Anda perlu mengetahui bagaimana tips aman dalam bertransaksi secara online. 



Pentingnya Keamanan Transaksi Online

Kejahatan transaksi digital bisa menimpa siapa saja. Oleh sebab itu, sebagai pengguna aktif transaksi online Anda harus lebih waspada terhadap ancaman kejahatan cyber yang kian meningkat. Data pribadi seperti alamat, rincian informasi kartu debit/kredit harus dijaga dengan baik agar tidak terjadi kebocoran data. Untuk itu, Anda juga harus mengetahui apa saja standar keamanan dalam melakukan transaksi digital?


Biasanya pelaku menggunakan teknik social engineering untuk menaklukan mangsa. Teknik ini bisa membuat nasabah memberikan informasi rahasia seperti pin ATM kepada pelaku. Tentu saja korban tidak sadar saat memberitahu informasi tersebut karena telah dimanipulasi dengan memanfaatkan kelalaian seseorang lewat interaksi sosial.


3 Standar Keamanan Transaksi Pembayaran Online

Dalam transaksi pembayaran online, terdapat tiga standar yang wajib dipatuhi oleh penyedia jasa pembayaran yang memberikan opsi transaksi online, diantaranya sebagai berikut.

1. Memiliki Izin Operasional dari Bank Indonesia

Standar keamanan paling dasar dalam hal pembayaran adalah memiliki izin operasional dari Bank Indonesia. Hal ini telah terstandarkan dalam sistem keamanan payment gateaway Indonesia, dimana semua transaksi online yang melewati payment gateaway akan dijamin keamanannya oleh BI jika telah mendapat izin.


2. Bersertifikasi PCI-DSS Level 1

Standar keamanan selanjutnya adalah harus telah tersertifikasi PCI-DSS Level 1. PCI-DSS yang merupakan kependekan dari Payment Card Industry Data Security Standard adalah sebuah standar internasional yang berfungsi untuk data kartu atau akun nasabah. Level 1 merupakan peringkat tertinggi dalam sertifikasi ini, sehingga data pengguna akan dijaga dengan sangat ketat. 


3. Terdapat Fraud Detection System (FDS)

Terakhir adalah Fraud Detection System (FDS), yang merupakan sistem keamanan untuk melacak aktivitas penipuan yang mungkin terjadi dalam proses transaksi online. Dengan analisis data dan algoritma tertentu, FDS akan mengecek hal-hal yang berpotensi sebagai transaksi mencurigakan. Sistem ini juga dapat melakukan tindakan pencegahan seperti pemblokiran dan upaya-upaya lainnya untuk memastikan bahwa transaksi aman.


Manfaat Keamanan Transaksi Online

Keamanan transaksi online memiliki beberapa manfaat berguna bagi nasabah atau pengguna, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Data Pribadi Pengguna Aman

Hal yang diinginkan oleh pengguna saat bertransaksi online tentu saja keamanan data pribadi. Dengan standar keamanan yang wajib ditaati oleh penyedia jasa pembayaran, pengguna akan yakin bahwa data pribadi mereka aman dan terjaga dengan baik. Dengan begitu, risiko kebocoran data, penyalahgunaan informasi, dan pencurian identitas dapat dihindari.


2. Kemudahan Belanja Jarak Jauh

Manfaat keamanan transaksi online juga memberikan rasa aman bagi pengguna yang ingin belanja jarak jauh. Seiring dengan canggihnya teknologi dan merebaknya marketplace, pengguna dapat membeli apa saja yang diinginkan. Transaksi online yang aman akan membuat konsumen percaya diri melakukan transaksi online meski dengan jarak yang jauh sekalipun.


3. Aktivitas Pembayaran Non Tunai Meningkat

Keamanan transaksi online rupanya juga memberikan dampak positif bagi perekonomian negara. Saat keamanan transaksi online telah terjamin, masyarakat akan memiliki kecenderungan untuk menggunakan metode pembayaran non-tunai. Hal ini dapat membuat negara mengurangi biaya produksi untuk mencetak uang tunai. Di samping itu, transaksi digital juga membuat proses pembayaran lebih efektif dan efisien. 


Tips Aman Melakukan Transaksi Online

Untuk memastikan keamanan transaksi dari ancaman digital, berikut adalah beberapa tips aman melakukan transaksi online.

1. Pastikan Toko Online yang Dipilih Terpercaya

Memastikan apakah toko online yang akan dipilih terpercaya atau tidak merupakan hal yang penting. Periksa apakah toko tersebut berstatus official atau bukan. Kemudian, Anda juga dapat melihat ulasan pelanggan lain untuk lebih meyakinkan reputasi toko dan keamanan dalam bertransaksi.

2. Gunakan Situs Web Terpercaya

Selain memilih toko, Anda juga perlu menggunakan situs web terpercaya. Website yang aman umumnya telah tersertifikasi keamanan SSL (Secure Sockets Layer). Kemudian, situs web dengan protokol HTTPS biasanya dapat memberikan keamanan yang berlapis.

3. Gunakan Metode Pembayaran yang Aman

Pemilihan metode pembayaran juga merupakan hal yang penting untuk menjaga keamanan transaksi online. Sebaiknya pilih metode pembayaran aman yang dapat memberikan perlindungan tambahan contohnya seperti PayPal atau kartu kredit. Selain itu, hindari penggunaan metode pembayaran yang kurang dikenali dan belum terjamin keamanannya.

4. Gunakan Perangkat dengan Keamanan Tinggi

Saat melakukan transaksi online, sebaiknya gunakan perangkat pribadi. Menggunakan perangkat umum yang terkoneksi dengan WiFi publik untuk bertransaksi online dapat berpotensi pada pencurian data. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan perangkat pribadi karena keamanannya akan lebih terjamin.

5. Waspada Terhadap Email dan Tautan yang Tidak Dikenal

Jika ada email mencurigakan atau Anda menerima tautan dari sumber tidak dikenal, sebaiknya jangan asal dibuka atau diklik. Pelaku kejahatan cyber seringkali menggunakan tautan untuk menipu korban. Untuk mencegah kejahatan cyber tersebut, sebaiknya abaikan saja email atau tautan mencurigakan.



CRING! Platform Transaksi Online dengan Standar Keamanan Terjamin

Untuk menjamin setiap transaksi yang dilakukan oleh pengguna, CRING! berkomitmen akan memberikan pelayanan yang prima, keamanan data dan transaksi, serta legalitas bisnis. 

CRING! Payment Facilitator dibangun oleh Tim developer SPEcial team yang telah berpengalaman selama bertahun-tahun dalam membangun aplikasi finansial dan perbankan di Indonesia. Setiap produk CRING! telah terjamin keamanannya dengan menggunakan standar ISO 27001 dan PCI DSS. PT Solusi Pembayaran Elektronik juga berkomitmen dalam memastikan keamanan transaksi elektronik menjadi manifestasi nyata dalam bisnis operasional yang dapat kami berikan pada Anda. Oleh sebab itu, tak perlu ragu, gunakan CRING! sekarang juga.


0 komentar

Comments


bottom of page