top of page
Group 45.png
campaign-newspaper.png

BLOG

  • Gambar penulisAdmin

Fund Transfer : Integrasi API Internet Banking Optimalkan Transaksi Bisnis


Fund Transfercring bank Payment Facilitator

Fund transfer atau transfer dana telah menjadi kegiatan yang sering dilakukan dalam sehari-hari oleh banyak orang. Terutama dalam bisnis, fund transfer merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan karena dapat memengaruhi arus kas baik secara positif maupun negatif. Bank transfer dalam dunia bisnis pun dapat memberikan berbagai manfaat untuk kelangsungan bisnis. Oleh sebab itu, penting bagi para pelaku bisnis untuk memahami apa yang dimaksud dengan bank transfer?



Definisi Fund Transfer dan Transfer Bank 

Fund transfer atau yang biasa dikenal sebagai transfer dana adalah suatu kegiatan pemindahan uang dari satu rekening ke rekening yang lain, akan tetapi, belakangan kegiatan transfer dana bisa dilakukan dengan berbagai cara dan jenis jasa keuangan. Sementara itu, transfer bank merupakan layanan yang disediakan oleh bank agar dapat memindahkan sejumlah dana dari suatu bank ke bank lain, baik sesama bank maupun berbeda bank.


Selain itu, transfer juga merupakan kiriman uang yang dialihkan dari si pemberi amanat kepada si penerima transfer yang dapat berupa suatu keuntungan. Kemudian, agar proses transaksi penjualan atau pembelian berjalan lancar, sebuah bisnis dapat memanfaatkan transfer bank sebagai salah satu metode pembayaran.


Fungsi API Internet Banking

Dalam artikel Optimalkan Bisnis dengan API Pembayaran yang Lebih Efisien dan Flexible telah dijelaskan bahwa API merupakan sebuah software yang dapat menghubungkan berbagai aplikasi berbeda yang memungkinkan untuk melakukan proses penukaran data. Dengan menggunakan teknologi API, proses transaksi dapat berjalan lebih cepat dan efisien. Berikut adalah beberapa fungsi API internet banking.


Transfer Masal Cepat dan Mudah

Dalam bisnis, kemungkinan Anda perlu melakukan transfer dalam skala besar seperti transfer dana kepada klien, mengirim gaji karyawan, dan lain-lain. Dengan API internet banking atau API transfer bank, Anda dapat melakukan pekerjaan tersebut dengan lebih cepat dan mudah.


Biaya Transaksi Murah

Meski melakukan transfer dana antar bank secara massal, biaya admin yang mesti dibayar masih terhitung murah. Berbeda jika transaksi dilakukan menggunakan bank yang akan meminta biaya layanan sekitar Rp6.500 atau lebih.


Transfer Antar Bank secara Real Time

Transaksi yang dilakukan menggunakan API transfer bank atau API internet banking akan diproses secara realtime, sehingga uang yang dikirim di hari itu akan diterima di hari yang sama.


Berbagai Macam Layanan Fund Transfer

Berbagai macam layanan fund transfer yang dapat Anda manfaatkan adalah sebagai berikut:

LLG

LGG (Lalu Lintas Giro) atau lebih sering dikenal sebagai kliring merupakan layanan transfer yang prosesnya dapat memakan waktu 2-3 hari kerja. LGG atau kliring hanya melayani proses transfer antarbank karena terhubung dalam suatu sistem bernama Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI). Sistem kliring digunakan untuk proses transfer dalam jumlah besar di atas Rp100.000.000, namun tidak lebih dari Rp500.000.000. 


RTGS

Hampir mirip dengan sistem kliring, RTGS (Real Time Gross Settlement) merupakan layanan transfer yang dapat mengirim uang dalam jumlah besar, namun tidak lebih dari Rp100.000.000 per transaksi. Kemudian, sistem ini juga tidak memakan waktu lama seperti kliring karena sifatnya yang real time. Namun, proses pengiriman harus dilakukan sebelum pukul 3 sore, karena jika dilakukan di atas jam tersebut kemungkinan proses transfer baru akan dilakukan pada keesokan harinya.


Transfer antar bank

Transfer antar bank adalah layanan yang disediakan oleh bank untuk dapat memindahkan dana ke rekening bank lain. Umumnya nasabah akan dikenakan biaya admin atau biaya layanan untuk dapat menggunakan layanan ini, namun jumlah biaya admin dapat berbeda bergantung pada jenis layanan yang digunakan.


Transfer Sesama Bank

Transfer sesama bank adalah layanan yang disediakan oleh bank untuk mengirim atau memindahkan dana ke rekening di bank yang sama. Proses transfer sesama bank dapat dilakukan dengan cepat dan biasanya tidak dikenakan biaya admin atau biaya layanan.


BI-FAST

Pada tahun 2021, BI meluncurkan metode transfer antar bank bernama BI-FAST. Layanan ini menawarkan proses transaksi yang cepat dan aman tetapi dengan biaya admin murah yaitu hanya Rp2.500.


Manfaat Menggunakan Fund Transfer untuk Bisnis

Penggunaan fund transfer untuk bisnis memiliki beberapa manfaat baik yang dapat mengefisiensikan bisnis, diantaranya adalah sebagai berikut.


1. Fleksibilitas dan Kenyamanan

Layanan fund transfer merupakan salah satu cara yang mudah dan fleksibel untuk mengirim uang dari satu rekening bank ke rekening bank yang lainnya. Layanan ini juga dapat digunakan kapanpun dan dimanapun.


2. Biaya Tambahan Rendah

Umumnya saat melakukan transfer antar bank, pihak pengirim harus membayar biaya tambahan atau sering disebut biaya admin. Namun, saat melakukan transfer dana internasional, biaya tambahan yang mesti dibayarkan relatif rendah.


3. Fasilitas Transaksi Non Tunai

Fund transfer membuat kegiatan pengiriman dapat dilakukan elektronik dan online, sehingga pekerjaan manual yang mungkin memakan waktu dapat dikurangi. 



Layanan Fund Transfer dari CRING! Payment Facilitator

Untuk mengoptimalkan transaksi dalam bisnis, Anda dapat menggunakan layanan Fund Transfer dari CRING! Payment Facilitator. Layanan ini sengaja dibuat untuk memfasilitasi pelanggan dalam hal pembayaran online ke berbagai bank tujuan. Fund transfer dari CRING! Payment Facilitator menawarkan dua tipe layanan yaitu Bank Validator Bank account Verification dan NPWP Verification.


0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page